Tips Menyimpan dan Menghemat Kuota Data

  • Whatsapp
Cara Menghemat Kuota Data android

Anda mungkin benar, ada banyak penggunaan data pasif yang menyelinap di bawah rata-rata konsumen. Itu sebabnya kami melakukan riset untuk Anda.Berikut adalah tips untuk mengurangi penggunaan data yang harus Anda ketahui

Kumpulan Data Peringatan dan Batas

Untuk iOS, buka Pengaturan> Seluler> Aplikasi menggunakan WLAN dan Seluler untuk melihat statistik data Anda. Perhatikan bahwa statistik data tidak secara otomatis diatur ulang setelah setiap periode penagihan, jadi jangan lupa untuk mengatur ulang diri sendiri setelah Anda membayar tagihan setiap bulan untuk representasi akurat dari penggunaan data Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti My Data Manager yang membantu Anda melacak penggunaan data Anda. Anda juga dapat mengatur alarm tertentu untuk batas penggunaan data sehingga Anda akan diberitahu ketika penggunaan data Anda telah melebihi jumlah data.

Kurangi Data Latar Belakang

Data latar belakang, bahkan jika Anda tidak menggunakan aplikasi ini, beberapa aplikasi memerlukan umpan data untuk tetap diperbarui, seperti Facebook dan Whatsapp. Saat Anda menggunakan WiFi, Anda tidak akan repot, tetapi saat menggunakan roaming data, itu menyakitkan.

Untuk menyesuaikan pengaturan data latar belakang Anda di iOS, Anda akan menemukannya di Pengaturan> Seluler> Aplikasi menggunakan WLAN & Seluler. Untuk Android, Anda akan menemukan pengaturan yang relevan melalui Pengaturan> Nirkabel & Jaringan> Penggunaan data di mana Anda dapat membatasi data latar belakang aplikasi.

Bagaimana Tips Menyimpan dan Menghemat Kuota Data ?

Nonaktifkan Pembaruan Otomatis

Untuk Android, Anda akan menemukan pengaturan di Google Play Store. Buka Google Play Store> Menu (kiri atas)> Pengaturan> Aplikasi Pembaruan Otomatis. Di sini Anda dapat memilih untuk mematikan pembaruan otomatis sepenuhnya atau hanya mengizinkan pembaruan otomatis pada konektivitas WiFi. Jika Anda belum melakukannya, jangan lupa untuk mengubah pengaturan sebelum perjalanan Anda berikutnya!

Unduh Area Peta

Navigasi dapat membebani Anda dengan banyak data karena mengandalkan terus-menerus mengirim dan menerima data untuk melacak lokasi Anda di peta. Untungnya bagi pengguna Google Maps, Anda dapat mengunduh area peta sebelumnya dan secara manual menavigasi jalan Anda melalui rute yang ditunjukkan. Cukup temukan area yang Anda inginkan, ketuk More Info, lalu Unduh. Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi https://kuotabro.com/.

Sayangnya, ini tidak tersedia untuk Apple Maps. Namun, pengguna Apple dapat mengandalkan cache Apple Maps yang tidak memerlukan koneksi data untuk berfungsi. Hanya memuat peta secara penuh seperti biasa pada WiFi, lalu keluar dari aplikasi Anda dan matikan koneksi data. Anda masih dapat menjalankan peta tanpa koneksi data.

Jelajah Saja dalam Versi Seluler

Selain keterbacaan yang lebih baik dan pengguliran yang lebih halus, situs web seluler juga menggunakan lebih sedikit data karena mereka mengompres data dari versi desktop agar ramah-seluler. Jika Anda ingin menggunakan data lebih efisien, Anda dapat mempertimbangkan menggunakan Opera Mini sebagai browser Anda karena memiliki pemblokir iklan otomatis untuk menyimpan lebih banyak data.

Kompres Data Anda

Ada sejumlah aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu memfasilitasi ini, tetapi yang kami sarankan adalah aplikasi Onavo Extend yang kompatibel untuk pengguna Android dan iOS. Onavo mungkin tidak berfungsi dengan aplikasi streaming audio atau video, tetapi efisien dalam mengurangi dampak gambar dan teks pada penggunaan data Anda.

Related posts

Leave a Reply