Tanya Jawab Dengan Dokter Kandungan: Mengulas Lengkap Seputar Perkembangan Bayi

  • Whatsapp
Dokter Kandungan

Saat memasuki kehamilan bulan ke 3 hingga 4 sebaiknya ibu mengonsumsi makanan yang kaya magnesium seperti kacang, gandung, melon dan sayuran hijau untuk membentuk otot termasuk otot pada rahim. Vitamin B6 untuk mengurangi rasa tidak nyaman akibat mual, dengan mengonsumsi beras merah, pisang, ikan, ayam, alpukat dan jagung. Untuk lebih jelasnya dapat melakukan tanya jawab dengan dokter kandungan.

Ibu hamil juga perlu mengonsumsi omega 3 untuk pertumbuhan mata dan otak yang diperoleh dari sardine, telur, susu, keju, ikan salmon, tahu dan makarel. Vitamin D dan kalsium yang baik dalam pembentukan tulang dengan cara berjemur setengah jam setiap harinya namun jangan terlalu lama karena akan menyebabkan kanker kulit. Untuk mendapatkan nutrisi lengkap maka kombinasikan makanan melalui warna.

Berikut adalah trik untuk membantu bayi dalam perut bergerak diantaranya:

  • Mengonsumsi makanan yang diinginkan sehingga akan memberikan asupan energi pada tubuh dan terima oleh bayi yang ditandai dengan pergerakan pada bayi, oleh karena itu perut ibu tidak boleh kosong dalam waktu yang lama.
  • Melakukan jalan cepat sehingga akan memancing bayi untuk bergerak dalam kandungan, jalan cepat ini dilakukan sesuai dengan kemampuan ibu dan jangan memaksakan diri karena akan membuat ibu menjadi lemas dan terjatuh yang berbahaya untuk kehamilan.
  • Mengusap lembut perut sehingga bayi akan merasakan sentuhan dan dokter biasanya menggetarkan tongkat USG sehingga bayi akan lebih semangat bergerak dengan cara menggerakkan perut dengan perlahan.

Selain itu, dapat mengarahkan cahaya kearah perut ketika usia kehamilan memasuki 22 bulan. Cahaya akan membuat bayi memberikan reaksi sehingga ibu seolah mengajak bayi bermain dan respon bayi dengan melakukan gerakan maupun tendangan kecil. Berbaring merupakan salah satu cara untuk melihat pergerakan bayi, pada siang hari sensasi alunan membuat bayi tidak aktif sedangkan pada malam hari lebih aktif sehingga berbaring akan membantu ibu merasakan pergerakan ibu dalam perut. Ibu dapat mengajak bayi bercerita sehingga akan membuat bayi mendengar suara dan suara aliran darah dan jantung dari ibu dengan memberikan respon terhadap suara asal tersebut.

Berikut adalah makna tendangan pada bayi diantaranya:

  • Menjadi tanda bayi sedang latihan dan membuat tubuh semakin membesar sehingga bayi akan mencoba untuk bergerak dan pergerakan akan membantu bayi melatih sendi, otot dan tulang tubuh sehingga bayi akan belajar berkembang.
  • Selesai makanan dengan pola makan dan menu sehat karena energi yang masuk pada bayi semakin bertambah dan membuat bayi akan lebih banyak melakukan gerakan dengan menambahkan asupan air putih kedalam makanan.
  • Menikmati musik yang mempengaruhi perkembangan bayi sehingga respon pada bayi dengan tendangan keras, hal ini lebih dirasakan ketika ibu datang ke konser.
  • Tendangan bayi terjadi karena bayi mulai mengubah posisi sehingga melakukan pergerakan dan mulai merasa sempit dalam perut sehingga bergerak akan membantu tubuh bayi lebih rileks.

Berdasarkan tanya jawab dengan dokter kandungan, untuk merangsang pergerakan bayi dapat melakukannya dengan mendengarkan musik. Musik klasik yang membantu otak rileks dengan melodi klasik yang mampu menstabilkan kondisi psikologis seseorang. Musik tradisional yang memiliki sentuhan etnik dan dapat didengarkan dari beberapa negara. Musik new age yang diperoleh dari suara alam sehingga akan meringankan pikiran saat melakukan pekerjaan rumah. Dapat juga mendengarkan irama drum yang pelan tetapi sebaiknya tidak mendengarkan drum yang keras karena akan membuat bayi menjadi stress dalam kandungan.

Related posts