Manfaat Suplemen Zinc Saat Diare

  • Whatsapp
Suplemen Zinc

Siapapun pasti pernah mengalami diare. Iya bukan? Diare merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pencernaan berupa usus sehingga menyebabkan penyerapan air terganggu. Biasanya, diare dipicu oleh infeksi oleh bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Akibatnya proses pencernaannya tidak berjalan dengan lancar.

Baik anak- anak, dewasa, maupun lanjut usia pasti pernah mengalami diare. Terutama di Indonesia, permasalahan diare masih cukup serius. Hal ini didukung oleh data dari WHO dimana  hampir tiap tahun sebanyak 6 juta anak di dunia ini meninggal akibat diare. Lalu, apakah diare dapat di atasi?

Sebelum berakibat buruk, sebenarnya diare dapat di atasi dengan baik dan benar. Ketika diare terjadi, maka feses yang keluar akan berbentuk lembek bahkan cair. Diare ini bisa diakibatkan oleh virus, parasit, bisa pula bakteri. Ada dua jenis diare dilihat dari lamanya berlangsung. Diare akut terjadi ketika lama berlangsungnya berhari-hari sampai seminggu. Sedangkan diare kronis terjadi selama waktu berminggu-minggu. Nah, diare akan menyebabkan tubuh kehilangan banyak air. Maka, supaya tidak berakibat lebih buruk, pastikan penderita mengantisipasinya dengan meminum lebih banyak air guna mengganti cairan berlebih yang keluar dari tubuh.

Penderita diare dapat diketahui dari gejala-gelaja yang ditunjukkan. Misalnya perut yang kembung, krem, lebih sering buang air besar, dan bentuk feses yang encer dari biasanya. Penderita diare juga bisa ditunjukkan dengan rasa mual sampai muntah. Nah, gejala muntah tersebut tentu akan menyebabkan tubuh kehilangan ion tubuh seperti kalian, zinc, klorida, bikarbonat, dan natrium. Untuk itu, penderita harus segera menggantinya biar tidak dehidrasi dan berujung kematian.

Zinc adalah salah satu ion yang ikut terbuang saat diare. Padahal, tubuh yang kekurangan zinc akan berakibat buruk. Solusinya, pastikan pasien mengosumsi sumber makanan yang mengandung zinc. Makanan tersebut dapat diperoleh dari daging juga sayur. Jika tidak ingin repot, bisa juga dengan mengonsumsi suplemen zinc. Ya, pentingnya suplementasi zinc pada kondisi diare sangat ampuh untuk memperbaiki sistem pencernaan. Lebih jelasnya, silakan pelajari pada situs https://www.guesehat.com/ ini ya!

Related posts

Leave a Reply