Khao San Road Surganya Para Backpacker

  • Whatsapp
Khao San Road

Khao San Road atau yang biasa disebut Khaosan Road ini beberapa kali muncul dalam buku “The Beach” karya Alex Garland, yang sudah diadaptasi ke dalam sebuah film dengan judul yang sama. Film tersebut dibintangi oleh Leonardo diCaprio.

Khao San Road digambarkan sebagai sebuah jalan yang jadi jalan surga bagi para backpackers yang berasal dari seluruh dunia, dalam buku dan film tersebut. Ketika di tempat ini anda akan menemukan berbagai jenis wisatawan berkumpul mulai dari budget traveller, backpacker maupun traveller yang terbiasa menggunakan koper daripada ransel. Khao San Road adalah sebuah nama jalan yang terkenal di Distrik Nakhon, Banglamphu.

Sejarah Khao San Road bermula ketika mulai dibangunnya jalan itu pada masa kekuasaan Rama V pada tahun 1892. Jika diterjemahkan ‘Khaosan’ memiliki arti ‘penggilingan padi’ karena dulu wilayah ini merupakan sebuah tempat untuk perdagangan padi.

Bisnis yang pertama kali muncul di tempat ini adalah sebuah tempat penginapan, yang tujuan awal dibangunnya penginapan tersebut untuk menyediakan tempat untuk menginap bagi pengunjung yang ingin berbisnis di tempat tersebut. Seiring berjalannya waktu muncul beberapa toko yang menjual souvenir maupun aksesoris keagamaan, sehingga sempat pula menjadikan Kao San Road sebagai “religious road” atau “jalan religi”.

Lalu muncul toko-toko yang menjual berbagai macam hal dan hotel-hotel komersial lainnya serta fasilitas lain seperti restaurant, bar dan lain sebagainya. Karena Khao San Road ini banyak dan kerap dikunjungi oleh wisatawan, memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan murah menjadikan tempat ini dikenal sebagai surganya backpackers di Bangkok dalam 20 tahun terakhir ini.

Meskipun Khao San Road tidak sepanjang jalanan lain yang ada di Bangkok. Namun jalan ini adalah tempat yang menjual semua yang dicari oleh wisatawan, khususnya para backpacker dan budget traveller. Mulai dari berbagai restoran, toko buku, toko souvenir, toko tato, tempat pijat, penginapan dengan harga murah hingga penginapan kelas menengah.

Di Khao San Road, anda juga bisa menemukan agen travel yang bisa membantu anda dalam merencanakan agenda liburan anda selama di Bangkok ataupun kota-kota lain di Thailand. Bahkan apabila anda mendadak secara impulsif ingin pergi ke negara lain,  anda sudah bisa membeli tiket di travell agent tersebut. Atau mungkin anda juga bisa menggunakan paket wisata bangkok dari Joglo Wisata yang ada di tanah air yang harganya lebih murah.

Yang menjadi daya tarik dari Khao San Road adalah lokasinya. Jalan ini berjarak sekitar 1 kilometer dari wilayah kota tua Bangkok. Secara otomatis beberapa obyek wisata yang populer di Bangkok seperti Wat Phra Kaew, Grand Palace dan Bangkok National Museum berjarak sangat dekat dan  bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari

Khao San Road. Hal tersebut membuat Khao San Road jadi basecamp bagi mereka yang ingin mengeksplorasi kawasan tua yang ada di Bangkok. Selain itu tempat ini juga dikenal dengan kehidupan malamnya yang sangat meriah. Di jalan ini terdapat banyak klub malam dan bar yang bisa membuat party goers merasa sangat bahagia. Suasana jalannya pun juga meriah, para pedagang berbondong-bondong membuka kios di jalan dan merayu para pejalan  kaki untuk membeli maupun duduk sambil berdiskusi dengan traveller lain.

Sesungguhnya Khao San Road  sangat mudah diakses menggunakan berbagai moda transportasi yang ada di Bangkok, terutama bus dan Taksi. Namun tempat ini belum terhubung dengan skytrain, sehingga agak sulit jika anda mengaksesnya dengan skytrain. Lebih baik anda menggunakan paket wisata Bangkok yang ada di Indonesia, sehingga anda tidak perlu memikirkan transportasi, penginapan dan lain-lain.

Related posts