Ketahui Apa Itu Artikel Pilar, Karakteristik & Gunanya Untuk Bisnis

Pembahasan mengenai strategi content marketing sangat menarik dan menantang bagi para pebisnis terutama content marketer, karena strategi pemasaran yang digunakan terus berevolusi. Konten pilar adalah salah satu strategi pemasaran baru yang menarik untuk dibahas. Apa itu artikel pilar?

Pemilik website sering kali dipusingkan dengan rendahnya traffiic, ranking website yang buruk, rendahnya konversi penjualan atau strategi pembuatan konten yang tidak efisien. Nah, artikel pilar bisa menjadi solusi atas permasanlah di atas. Berikut ini penjelasan mengenai jasa penulisan artikel pilar, karakteristik artikel pilar, dan kapan sebuah bisnis perlu menggunakan artikel pilar.

Secara garis besar, artikel pilar merupakan artikel utama yang terdapat di website. Artikel utama ini umumnya sangat terstruktur, berkualitas dan terdiri dari minimal 2000 kata berisi penjelasan yang mendalam.

Bisa juga dikatakan bahwa apa itu artikel pilar adalah sebuah halaman pada website yang berisi konten utama atau induk untuk konten-konten lain dalam website. Panjang artikel ini bisa mencapai 10,000 kata lebih dan sering ditempatkan sebagai pusat untuk serangkaian cluster topik.

Dari satu artikel ini, bisa muncul banyak kata kunci yang bisa digunakan untuk memancing datangnya traffic. Selain itu, bisa juga digunakan untuk menaikkan authority page dengan cara menambahkan link di artikel pilar yang memiliki banyak pengunjung.

Dulu, artikel pilar hanyalah berkutat di seputaran panduan, ebook, tips, serta laporan. Seiring perkembangannya, terjadi persaingan yang ketat di kalangan pemain SEO yang akhirnya memaksa mereka membuat konten pilar pada setiap webnya. Artikel pillar dibutuhkan oleh sebuah website bisnis karena alasan-alasan berikut ini:

1. Meningkatkan Ranking di Mesin Pencari

Artikel pilar bisa meningkatkan posisi website di mesin pencari. Di mesin pencari, yang bertengger di urutan pertama kebanyakan adalah artikel pilar yang memang berkualitas. Artikel pilar lebih mudah untuk mendapatkan backlink dari website lain, karena konten bermanfaat dan layak untuk menjadi referensi. Pengaruh dari backlink ini sangat positif sehingga menghasilkan authority page pada web yang berisi artikel pilar itu tadi.

Dengan meningkatnya ranking dalam mesin pencari, tentu akan berdampak pada bisnis yang dijalani. Semakin banyak website mendapat kunjungan, semakin banyak juga yang menjadi customer baru.

2. Perencanaan Konten yang Lebih Efektif

Artikel pilar memudahkan para pembuat konten untuk mengeksekusi ide-ide untuk konten. Strategi penerapan artikel pilar juga bisa mengurangi stress dan writer’s block. Alasannya, karena topik-topik pada artikel pilar sangat mudah dihubungkan dan mengedepankan penggunaan logika.

Contohnya adalah ketika sebuah artikel pilar menulis tentang “Membangun Rumah Pertama Anda”, cluster topic bisa dengan mudah ditentukan seperti misalnya:

  • Cara Membuat RAB
  • Membangun Rumah Dua Lantai
  • Renovasi Rumah LT. 72
  • Harga Bahan Bangunan Terbaru

Dalam cluster topic ini bisa dibuat lagi topik-topik lain yang terhubung dan relevan. Selain itu, topik-topik ini bisa membangun jaringan topik atau ide yang lebih luas lagi. Pengembangan ide topik menjadi lebih mudah pada artikel pilar.

3. Memposisikan Brand sebagai Thought Leader

Artikel pilar memberi sangat banyak informasi kepada audience. Dengan begitu, akan muncul anggapan bahwa brand yang diwakili oleh artikel pilar ini sangat kompeten dalam menyelesaikan masalah pembaca.

Melalui topik-topik yang terkait, brand bisa terus diingat oleh audience dan dijadikan partner dalam memecahkan masalah. Ketika brand awareness sudah diraih, maka audience bisa diarahkan untuk mencetak penjualan.

Related posts