Jadwal Pemberian MPASI yang Tepat untuk Bayi 7 Bulan

  • Whatsapp
Jadwal Pemberian MPASI yang Tepat untuk Bayi 7 Bulan

Pastinya saat masih dalam masa pemberian ASI eksklusif yakni selama 6 bulan, Moms bisa langsung menyusui buah hati saat ia menangis untuk tahu apakah ia memang merasa sudah lapar. Akan tetapi, ketika sudah mulai masa pemberian MPASI, maka sebaiknya buat jadwal pemberian MPASI atau makan bayi 7 bulan yang lebih teratur. Hal ini karena MPASI tidak bisa langsung diberikan seperti halnya Moms memberikan ASI.

Namun, jadwal pemberian MPASI untuk bayi juga perlu disiapkan sebelumnya sebelum disantap buah hati. Oleh karena itu, Moms juga sebaiknya menyiapkan strategi dalam membuat jadwal makan buah hati. Ada beberapa tips simpel berikut ini bisa Moms coba.

Harus Perhatikan Kegiatan Bayi

Hal ini mungkin sulit jika memaksakan jadwal makan bayi 7 bulan akan sesuai keinginan Bunda. Ada cara terbaik yaitu menyusun jadwal sesuai kebiasaan kegiatan buah hati. Moms bisa cermati kapan buah hati tidur, kapan beraktivitas, atau sedang rewel. Coba kenali juga tanda-tanda bayi saat merasa lapar dengan perhatikan waktu menyusuinya juga. Sehingga dari situ, Moms mulai bisa membuat jadwal makan untuk buah hati sesuai kesehariannya bukan.

Bikin Jadwal Makan Berat untuk Bayi

Hal ini seperti untuk orang dewasa, yakni minimal Moms membuat jadwal pemberian MPASI misalnya seperti makan utama untuk buah hati tiga kali sehari. Untuk makan utama yakni adalah makanan dengan porsi ideal dan juga komposisi nutrisi yang lengkap. Misalnya seperti makanan berat untuk bayi yakni seperti bubur, bisa juga puree, ataupun nasi tim. Kemudian sebisa mungkin, sesuaikan juga jadwal makan utama buah hati dengan waktu makan orang dewasa.

Bisa Juga Sediakan Jadwal Camilan

Bukan hanya membuat jadwal pemberian MPASI atau makan utama, namun sebaiknya Moms juga sediakan jadwal untuk menyantap camilan. Pada umumnya camilan untuk bayi bisa diberikan 2-3 kali sehari. Lalu buatlah waktu camilan di antara jadwal makan utama. Nah apabila makan utama adalah pukul 8 pagi, kemudian makan jam 1 siang, dan lalu makan jam 5 sore. Sedangkan untuk jadwal camilan bisa dibuat saat pukul 10 pagi, kemudian di jam 3 sore, dan jam 7 malam, atau kira-kira dua jam setelah makan besar.

Related posts