Ini Dia, Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

  • Whatsapp

Sebagai karyawan, Anda juga bisa memulai usaha bisnis sampingan loh. Simak yuk beberapa rekomendasi Ide Usaha Sampingan berikut. Usaha sampingan bisa dimiliki oleh siapa saja. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan siapa pun.

Usaha sampingan sendiri memiliki arti pekerjaan yang dilakukan di sela-sela pekerjaan utama tanpa mengabaikan pekerjaan utama tersebut. Jika Anda seorang karyawan, bukan tidak mungkin untuk memiliki usaha sampingan. Meskipun jadwal kerja Anda padat, Anda masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Berikut ini saya akan dapat memberikan beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

1. Bisnis PPOB

Ide bisnis pertama yang dapat Anda jalankan sembari bekerja yaitu bisnis PPOB. Target pasar utama usaha ini yaitu rekan kerja Anda. Tak butuh dana hingga jutaan untuk mulai bisnis PPOB. Anda dapat membeli deposit pulsa senilai Rp 200.000 hingga Rp 300.000 sebagai permulaan.

Salah satu hambatan terbesar bisnis ini adalah utang yang menumpuk dari para pembeli. Hal ini membuat laju perputaran keuangan dalam bisnis menjadi terhambat. Tak heran jika banyak orang yang merugi dan gulung tikar dalam bisnis ini. Siapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menghindari hal seperti itu terjadi.

2. Menjual Makanan untuk Sarapan

Para karyawan lebih sering membeli sarapan di luar daripada memasak di rumah. Anda bisa menjadikan kesempatan ini untuk memulai usaha. Cobalah untuk menjual aneka makanan sebagai sarapan. Tentu saja target utama pemasaran dari usaha ini yaitu rekan kerja Anda.

Anda bisa membuka pemesanan sarapan satu hari sebelumnya. Kemudian Anda membeli atau memasak makanan di pagi hari sebelum berangkat kerja.

3. Menjual Foto di Internet

Ide pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untuk Anda yang menyukai fotografi dan cocok juga sebagai ide usaha untuk mahasiswa dengan hobi fotografi. Foto yang Anda hasilkan dari hobi tak hanya bisa dipandang keindahannya.

Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cara menjualnya. Sejauh ini terdapat beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk menjual foto seperti Shutterstock dan Istockphoto. Situs tersebut memberikan bayaran dalam mata uang dolar. Penghasilan Anda akan jauh lebih besar ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang naik.

Namun Anda tak bisa mendapatkan uang secara instan dari bisnis ini. Setidaknya, Anda harus menunggu waktu agar situs tersebut melakukan verifikasi terhadap foto Anda. Setelah memenuhi syarat, foto Anda akan ditampilkan dan bisa dibeli.

4. Membuat Toko Online

Membuat toko online merupakan salah satu ide cemerlang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pasalnya, saat ini masyarakat lebih sering berbelanja secara daring. Agar lebih mudah dalam mengelolanya, Anda bisa membuka toko online di marketplace. Tidak disarankan untuk membuka toko online di sosial  media karena lebih rumit untuk dikelola.

Lalu benda apa yang harus dijual? Anda bisa menjual barang-barang yang sedang dicari oleh banyak orang. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat berjualan dengan sistem dropship. Dengan sistem ini, Anda menjual barang milik supplier tanpa harus menyediakan stok. Cara ini lebih praktis dan potensi kerugiannya sangat minim.

5. Jasa Cuci Motor

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tahukah Anda bahwa jumlah ini dapat menjadi peluang bisnis yang menarik?

Anda dapat membuka usaha cuci motor di tempat tinggal Anda. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Sediakan modal awal senilai kurang lebih Rp 2.000.000. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan seperti sabun, kompresor, selang, lap, dan sebagainya.

Related posts