Ingin Bayi Makan Lahap? Ini Menu MPASI Usia 6 Bulan

  • Whatsapp
Menu MPASI Usia 6 Bulan

Menu MPASI Usia 6 Bulan – Ingin bayi usia 6 bulan makan semakin lahap? Tentunya, Anda perlu memperhatikan makanan pendamping ASI (MPASI) terbaik untuk anak usia 6 bulan. Sebab, di usia tersebut adalah usia pertama bayi sudah sangat baik untuk mengonsumsi MPASI. Sebab, di usia 6 bulan adalah usia bayi mampu duduk dengan tegak dan menyangga kepalanya. Dengan demikian, mampu melakukan pengunyahan makanan dengan baik.

Tidak hanya itu, refleks di lidah bayi sudah berfungsi baik. Jadinya, bayi mampu menggerakkan lidahnya dan mengenali benda asing yang masuk dalam mulut. Lidahnya juga sudah mampu mendorong makanan ke belakang mulut untuk masuk ke tenggorokan.

Pada usia tersebut, sistem pencernaan tubuh bayi sudah menjadi sangat baik. Tentunya, meski masih tetap mengonsumsi susu (ASI), namun bayi memerlukan makanan pendamping. Penyebabnya, ASI tidak memiliki atau mengandung zat besi yang sangat dibutuhkan tubuhnya untuk dapat tumbuh.

Sebelum membahas resep terbaik untuk MPASI 6 bulan, tentunya Anda perlu mengetahui hal-hal terpenting terkait pemberian makanan pada bayi. Ada beberapa hal yang harus dilakukan dan juga beberapa hal yang harus dihindari untuk menjadikan makanan tersebut lebih aman bagi bayi.

Beberapa hal yang harus dihindari, pertama memberikan sayuran terlebih dulu. Hal ini sebaiknya dihindari, karena yang pertama harus dikenalkan pada bayi adalah buah-buahan. Sayuran termasuk memiliki serat dan lebih berat untuk dikonsumsi oleh bayi.

Selanjutnya, setelah mengenalkan buah, baru bisa mengenalkan sayuran terlebih dulu. Jangan langsung mencampurkan daging pada makanan anak. Jadi, biarkan anak terbiasa dulu dengan makanan yang lebih beratnya.

Terakhir yang harus dihindari adalah memberikan makanan yang tidak berasa alias hambar. Memang sebaiknya menghindari gula dan garam, namun bukan berarti makanan yang diberikan harus hambar. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis misalnya, dan sebagainya yang tetap aman untuk bayi.

Setelah memastikan hal-hal yang perlu dilakukan dan dihindari saat memberi makan si kecil, sekarang waktunya menyimak menu MPASI 6 bulan yang tepat.

Menu MPASI 6 Bulan

1. Apel dengan Bubuk Kayu Manis

Resep pertama adalah apel dengan kayu manis. Selain rasanya nikmat dan disukai bayi, nutrisi yang dikandungnya juga sangat lengkap. Anda hanya memerlukan 1 buah apel dan sejumput bubuk kayu manis saja sebagai bahannya.

Cara membuatnya, rebus irisan apel yang sudah dipotong dadu dan dikupas, selama tiga menit. Kemudian, setelah direbus, Anda perlu memblender apel tersebut sampai halus, lalu saring agar yang masih kasar dapat tersingkir. Terakhir, sebelum disajikan, tambahkan sejumput kayu manis.

2. Puree Alpukat dan Pisang

Alpukat dan Pisang adalah dua buah yang mudah dikonsumsi, lunak, lembut dan rasanya disukai bayi. Untuk membuatnya, Anda hanya memerlukan satu buah pisang dan setengah buah alpukat, serta beberapa sendok susu formula. Akan lebih baik bila susu tersebut diganti dengan ASI.

Setelah mencuci dan mengupas pisang dan alpukat, blender keduanya lalu campurkan dengan susu. Biarkan teraduk rata, baru kemudian sajikan.

3. Puree Jagung dan Bayam

Selanjutnya, menu yang bisa Anda hadirkan untuk anak Anda adalah puree jagung dan bayam. Cara membuatnya, Anda memerlukan 15 lembar daun bayam dengan satu buah jagung manis. Pertama, cuci dulu bayam dan jagung tersebut, lalu rebus jagungnya sampai empuk. Setelah itu, giliran rebus bayam di air mendidih selama 10 menit. Selam merebus bayam, Anda bisa mulai menyerut jagung manis.

Campurkan serutan jagung dengan bayam yang sudah direbus tersebut dalam blender, masukkan air sekitar 5 sendok makan, lalu blend sampai hancur dan merata. Sebelum disajikan, saring dulu agar serat kasar dapat terbuang.

4. Puree kentang daging wortel

Menu berikutnya adalah campuran kentang, daging sapi, dan wortel. Tentunya, ini diberikan apabila anak Anda sudah terbiasa mengonsumsi sayur. Cara membuatnya, Anda memerlukan 1 buah kentang, 25 gram daging sapi cincang, 1 buah wortel, 1 buah tomat, bawang putih, bawang bombai dan daun bawang secukupnya.

Cara membuatnya, pertama rebus bawang-bawangan sampai lembut. Agar rasanya lebih keluar, sebelum direbus bisa Anda tekan atau pukul dengan batu giling dulu. Selanjutnya, campurkan rebusan tersebut dengan daging sapi cincang, lalu kukus setengah jam. Kentang dan wortel, cuci dulu lalu kupas, sampai kemudian diparut. Setelah selesai diparut, kukus lagi.

Berikutnya, potong tomat, kemudian dikukus pula. Setelah semuanya selesai dikukus, masukkan semuanya ke dalam blender lalu blender hingga halus. Saring sampai airnya habis dan tinggal tersisa pureenya saja. Sajikan untuk si kecil Anda. Demikian beberapa tips dan menu MPASI 6 bulan yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan. Selamat mencoba.

Related posts

Leave a Reply