Dokter Spesialis Urologi di Tangerang Selatan: Ini Dia 7 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Urologi

  • Whatsapp
Dokter Spesialis Urologi di Tangerang Selatan: Ini Dia 7 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Urologi

Tidak hanya pria, wanita nyatanya juga rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan urologi atau sistem saluran kemih. Penyakit yang satu ini bisa disebabkan karena infeksi maupun pola hidup yang tidak sehat. Umumnya jika sudah mulai dirasakan gejala atau tanda-tandanya maka dianjurkan untuk segera melakukan pengobatan. Yaitu ke dokter spesialis urologi di Tangerang Selatan untuk menangani masalah Anda tersebut, karena akibatnya akan semakin serius jika tidak segera ditangani.

Pada dasarnya penyakit yang berhubungan dengan urologi ini sendiri mencakup beberapa hal, diantaranya adalah ginjal, kemudian kandung kemih dan juga prostat. Tak hanya orang dewasa saja, melainkan kondisi semacam ini nyatanya juga rentan sekali dialami oleh anak-anak. Gangguan yang terjadi pada sistem urologi ini akan ditangani oleh seorang urologis. Hanya saja memang tidak semua rumah sakit memiliki dokter spesialis urologi, sehingga Anda harus mencari yang terbaik agar pengobatan yang didapatkan juga bisa lebih optimal, tak sekedar berobat ke dokter umum saja.

Penyakit yang berhubungan dengan saluran urologi ini mulai dari infeksi saluran kemih, kemudian juga masalah yang berhubungan dengan kesuburan, kemudian pembesaran yang terjadi pada prostat, gangguan ginjal dan sebagainya. Hanya saja tentunya semua orang tidak mau terkena masalah kesehatan semacam ini bukan. Untuk itu terapkan beberapa kebiasaan sehat berikut ini untuk mencegahnya, yaitu:

  1. Cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh, sangat penting dilakukan karena nyatanya tubuh manusia sebagian besar komponennya adalah air, sehingga jika sampai kekurangan cairan akibatnya sudah pasti sangat fatal, yaitu membebani kinerja ginjal dan lama kelamaan bisa menyebabkan kerusakan organ penyaringan darah tersebut. Minimal konsumsi 8 gelas air perhari, jika seandainya aktivitas yang Anda lakukan lebih berat dari itu, maka tambah lagi asupan cairan dalam tubuh.
  2. Membatasi konsumsi garam dan juga kafein dalam tubuh, ini sangat penting karena dapat mempengaruhi kekentalan darah dan juga bisa memberatkan kinerja dari organ tubuh untuk menyaring darah tersebut.
  3. Hindari rokok dan juga alkohol, semua orang pastinya sudah tahu bahwa kedua zat ini memiliki efek racun di dalam tubuh, semakin sering dikonsumsi hanya akan menyebabkan kerusakan organ dalam, termasuk diantaranya adalah pada saluran urologi. Jadi mulai dari sekarang kurangi atau jika bisa hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.
  4. Menjaga berat badan tetap ideal, pentingnya menjaga berat badan Anda agar tetap berada dalam ukuran ideal ini sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan berguna di dalam membuat komponen organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya, tidak terlalu terbebani.
  5. Jangan biasakan diri untuk menahan buang air kecil, karena ini juga bisa menyebabkan masalah pada saluran kemih kedepannya jika terus menerus dibiarkan.
  6. Buang air kecil dengan tepat, penting juga untuk membersihkan area kemaluan setelah buang air kecil secara benar, karena rentan sekali menyebabkan terjadinya infeksi dari bakteri ataupun juga jamur jika tidak dilakukan secara benar.
  7. Tentunya penting juga membiasakan diri untuk olahraga secara teratur dan mengkonsumsi makanan yang sehat.

Lebih mudah untuk mencegah dibandingkan dengan mengobati, karena tidak semua jenis penyakit yang berhubungan dengan urologi dapat diobati secara maksimal atau tuntas ke akar-akarnya, bisa juga hal ini justru menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Butuh penanganan dari dokter spesialis urologi di Tangerang Selatan yang tepat tentunya.

Related posts

Leave a Reply